Level Ikhlas


By KH Abdullah Gymnastiar

ada beberapa level ikhlas itu antara lain :

Pertama, ikhlasnya seorang agar meraih kebahagiaan duniawi. Yaitu ketika berdoa pun dia tetap berharap untuk keinginan duniawi semata. walaupun hal ini masih tingkatan terendah, akan tetapi hal ini lebih baik karena dia hanya meminta kepada Allah SWT saja.


kedua, ikhlasnya seorang pedagang, yaitu dia berusaha ikhlas akan tetapi dengan cara menghitung 0 hitung pahala terlebih dahulu. artinya jika suatu amal banyak mendatangkan pahala maka dia pasti bersemangat mengerjakannya. dengan berharap amal tersebut dapat menghapuskan dosanya serta menguntungkan dunianya.

ketiga , ikhlasnya seorang hamba sahaya, dia sangat takut sekali dengan ancaman dari Allah SWT. sehingga dirinya berusaha secara ikhlas di dalam berbuat apapun , hanya demi Allah SWT dan supaya Allah SWT tidak murka terhadapnya.

keempat, ikhlasnya seorang yang sangat berharap surga, balasan baik dari Allah SWT sehingga amalan – amalan yang telah dikerjakannya betul betul diperuntukan untuk bekal dikehidupan kelak diakhirat agar dirinya meraih surga balasan tertinggi dari Allah Swt

kelima ikhlas tingkat tertinggi yaitu pasrah dengan ketentuan Allah SWT. baginya dia selalu berbuat terbaik hanya demi menggapai keridhaan serta berharap cinta dari Allah SWT. ia hanya berkehendak untuk dapat berjumpa dengan Allah SWT kelak selain itu terserah Allah SWT. ia tidak begitu peduli dengan balasan Allah SWT , Subhanallah..

semoga suatu saat diri ini dapat meraih tingkatan ikhlas yang tertinggi. aamiin ya robbal alamin

Advertisements