Hidup di dunia ini pasti banyak masalah.


Masalah itu adalah bagian dari karunia Alloh Swt., bukan bagian dari musibah. Masalah menjadi musibah jikalau kita salah menyikapinya.
Seperti ujian di sekolah, ujian tersebut adalah karunia karena ujian menjadi kesempatan untuk bisa naik kelas. Justru murid yang tidak ujian bisa dianggap tidak sekolah.
Dan, seseorang yang tidak lulus itu bukan disebabkan soal-soal dalam ujiannya, akan tetapi disebabkan dia salah menjawab soal-soalnya, dia salah menyikapi persoalannya.

Begitulah gambaran masalah yang kita temui dalam hidup kita di dunia. Jadi, tidak perlu khawatir menghadapi masalah, yang perlu kita khawatirkan adalah jika kita salah menyikapi masalah.

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang ketika menghadapi masalah adalah sibuk mengandalkan sesuatu selain Alloh. Mungkin sibuk hanya mengandalkan pikiran sendiri, pengalaman sendiri, tenaga sendiri atau mengandalkan pertolongan orang lain.
Bukan tidak boleh semua itu, tapi jika semua itu ditempuh tanpa mendapat bimbingan dan izin Alloh maka semuanya tidak akan berarti apa-apa.

Masalah sebesar apapun jika Alloh menolong, maka akan menjadi sangat ringan dan mudah. Sedangkan urusan remeh sekalipun, jika Alloh tidak menolong, maka akan menjadi terasa sangat berat dan sulit. Dalam ujian sekolah, jika kita meminta tolong jawabannya kepada guru maka guru tidak akan memberikannya. Sedangkan dalam hidup, jika kita meminta jalan keluar kepada Alloh atas masalah yang kita hadapi, niscaya Alloh akan memberikannya.

Bersama Alloh pasti bisa & pasti ada solusinya.
Libatkan Alloh dalam kondisi apapun, duduk, berdiri & berbaring.

Monggo Sahur…. Sahur…. Sahur.
Semoga kita menjadi lebih baik lagi.

*Robbana Taqobbal Minna.*
*Ya Alloh terimalah dari kami (amalan kami), aamiin*

*_Semoga Bermanfaat._*
?❤?

Advertisements